Kamis, 06 Desember 2012

7 Tokoh Pengubah Dunia

Tokoh-tokoh yang ditulis dibawah ini berdasarkan peranan terhadap perubahan kehidupan manusia, seperti tokoh-tokoh bidang agama, pertahanan dan keamanan, ideologi, sosial budaya, Ilmu teknologi, serta bidang ekonomi.
Sebenarnya masih banyak lagi, tetapi karena terlalu banyak, Untuk yang kali ini saya hanya membahas 7 tokoh.


7 Tokoh Yang Mengubah Dunia :

1. Nabi Muhammad SAW. (570-632)

Anda seorang muslim? pasti anda mengenal Nabi Muhammad saw. Dialah tokoh besar Islam yang telah mengajarkan tentang Islam walaupun mendapatkan pertentangan dari banyak pihak. namun dengan kesabaran dan keteguhan hatinya yang sangat besar, agama Islam pun menyebar keseluruh dunia sampai sekarang dan menjadi agama yang paling banyak dianut di Indonesia. Kini, sudah 14 abad sesudah wafatnya, pengaruhnya semakin kuat mendalam dan berakar.

Sebagaimana kata Michael H. Hart, sejarawan barat yang mengupas ketokohan dunia menempatkan Nabi Muhammad saw. dianggap telah berhasil baik dari aspek spiritual /keagamaan maupun keduniawian

Beliau berasal dari keluarga sederhana dan lahir di kota Mekah tahun 570 M, saat itu kota Mekah bukan menjadi pusat budaya dan ekonomi pada waktu itu. Beliau menjadi yatim piatu pada umur 6 tahun, karena itu Muhammad dibesarkan oleh pamannya di lingkungan yang sederhana itu. Pada umur 25 tahun, beliau menikah. sampai usia 40 tahun ia belum kelihatan luar biasa, sampai turunnya mukjizat kepadanya.

Selama 3 tahun Muhammad menyebarkan agama Islam di lingkungan kawan-kawan dan saudara dekat. Baru pada tahun 613 M, beliau memulai dakwah terbuka, dan akhirnya bertambahlah pengikutnya. Oleh karena itu Penguasa kota Mekah menganggap Muhammad seagai ancaman. karena situai kota Mekkah yang tidak menguntungkan, maka pada tahun 622 Nabi Muhammad hijrah ke kota Madinah. Berbeda dengan situasi kota Mekkah, di Madinah Nabi Muhammad saw. disambut dengan gembira oleh rakyat Madinah.

Perkembangan Islam kemudian berkembang dengan pesat, mulai dari Persia, Irak sampai Maroko di pantai Atlantik. Bahkan lewat selat Gibralatar dan tembus ke Spanyol.

2. Isaac Newton (1642-1727)

Semua fisikawan pastinya mengenal ilmuwan bernama sir. Isaac Newton ini kan. ya, dia Ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh di dunia. Dia lahir di Woolsthrope, Inggris pada 25 desember tahun 1652. Dia yatim saat masih di kandungan ibunya. Semenjak masih kecilpun, kegeniusan Newton sudah terlihat.

Pada umurnya yang masih 18 tahun, dia sudah masuk Universitas Cambridge. di usia 21 tahun, beliau sudah melakukan penyelidikan sendirian yang akhirnya saat usianya 29 tahun sudah merumuskan dalil. Dari hasil penelitian dan percobaanya di bidang astronomi dan bidang mekanika menghasilka apa yang disebut "Hukum gerak Newton"

selain itu, Newton juga berprestasi di bidang matematika murni, dengan penemuan yang disebut dengan "Kalkulus Integral". namanya semakin dikenal sejak ditemukannya Gaya Gravitasi. di saat itu, dia berjalan-jalan di kebun apel. dan dia melihat sebuah apel jatuh ke tanah. melihat kejadian itu, dia pun sadar. bahwa semua benda yang memiliki massa akan jatuh ke tanah. satuan gravitasi pun dinyatakan sebagai Newton. Newton juga dikenal dengan ketiga hukumnya ynag dikenal sebagai "hukum newton I", "hukum newton II", dan hukum newton III"

3. Ts'ai Lun (105 M)

Anda tahu apa yang disebut kertas? yah anak TK pun tahu apa itu kertas. Kertas adalah sebuah media tulis yang praktis dibawa kemana-mana dan berfungsi sebagai pemudah kommunikasi, yang biasanya dikumpulkan menjadi sebuah buku. Tapi kalau ditanya Siapakah penemu kertas? apakah anda tahu jawabannya?

Ts'ai Lun adalah penemu kertas yang berasal dari negeri tirai bambu, Cina. Ts'ai Lun dalah seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan tahun 105 M. pertama kali dia mempersembahkan temuannya yang disebut "kertas" itu (dalam bahasa Indonesia) kepada kaisar Ho Ti. Kertas langsung populer di daratan Cina. Kaisar sendiri amat bangga atas penemuan Ts'ai Lun. Oleh sebab itu, kaisar memberi hadiah berupa kenaikan pangkat kepadanya yang dahulunya Ts'ai Lun adalah seorang kasim di istana. Namun konon stelah itu, ia terlibat persengkongkolan di istana, yang menyebabkan ia didepak dari istana. dan akhirnya Ts'ai Lun putus asa dengan hidup yang dijalaninya dan  mengakhiri hidupnya dengan meminum racun.

4. Albert Einstein (1879-1955)

Inilah salah satu orang terhebat di abad 20 yang dikenal dengan teorinya yang diberi nama "Teori relativitas" (dalam bahasa Indonesia). Teori ini irumuskan pada tahun 1915 yang lebih dikenal dengan hukum gaya berat Einstein. Einstein lahir di kota Ulm, jerman pada tahun 1897. Dia masuk perguruan tinggi Swiss dan menjadi warga negara Swiss pada tahun 1900. tahun 1905, Einstein mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich.

Teori relativitas Einstein pada dasarnya adalah suatu pendapat matematik yang pastin tentang kaidah -kaidah ilmiah yang sebetulnya relative. Hakikat penilaian subjektif terdapat waktu dan ruang bergantung pada si penganut pendapat ilmiah sebelum ini menganggap bahwa dibalik kesan subjektif terdapat ruang dan waktu yang absolut, yang bisa diukur dengan peralatan secara objektif . Teori Einstein menjungkirbalikkan secara revolusioner pemikiran ilmiah dengan cara menolak adanyaa sang wakt4u yang absolut. masih bingung dengan teori ini? saya juga masih bingung =D. jatuhnya bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki makin menyegarkan teori relativitas Einstein.

jika pada dasarnya, teori Isaac Newton dapat diapahami dengan mudah (termasuk anak SMP kelas 3 seperti saya, saya sudah mengerti beberapa teori dari Isaac Newton), Teori Relativitas Einstein ini yang teramat sulit dipahami, saya yakin tidak semua fisikawan dan Ilmuwan lainnya yang mengerti.

5. Arisoteles

Nyaris tak terbantahkan bahwa Aristoteles adalah seorang filsuf dan ilmuwan terbesar di masa lampau. dia mempelopori penyelidikan ihwal logika memperkaya hampir tiap cabang falsafah dan sumbangsih tak ternilai besarnya terhadap ilmu pengetahuan. memang banyak gagasan dan buah pikiran Aristoteles yang sudah ketinggalan zaman. tetapi yang terpenting dari apa yang pernah dilakukan Aristotelesadalah pendekatan rasional yang senantiasa melandasi karyanya.

Aristoteles lahir di kota Stagira Makedonia pada tahun 384 SM (bayangkan kalau dia masih hidup, pastinya akan menjadi manusia tertua di dunia ini :D), ayahnya seorang fisikawan ternama. Pada usianya yang beranjak 17 tahun, Aristoteles pergi ke Athena untuk belajar di akademi Plato. namun pada tahun 342 SM, Aristoteles pulang kembali ke kampung halamannya dan menjadi guru anak seorang raja yang berusia 13 tahun, yang kemudian menjadi raja  diraja Alexander Yang Agung. tahun 335 SM tepatnya setelah Alexander naik tahta, Aristoteles kembali lagi ke Athena dan membuka sekolah sendiri.
Karya Aristoteles sungguh mencengangkan karena ada 47 kaaryanya masih ada dan tetap be.rtahan, dan tetap dipakai hingga masa kini. juga tidak kurang dari 170 buku yang ditulisnya. akhirnya, Aristoteles pun wafat pada tahun 322 SM, di usianya 62 tahun

6. Galileo Galilei

Siapa yang tidak mengenal Galileo Galilei? Salah seorang ilmuwan besar di dunia yang berasal dari italia ini sudah sangat terkenal dari dulu, hingga sekarang. Lahir di Pisa, Italia, tahun 1564. Ia sempat berhenti kuliah karena kendala biaya (maklum, uang kuliah kan mahal!? :D), tetapi di tahun 1589, dia mendapat kesempatan untuk mengajar di universitas Pisa
Sumbangan yang penting dan pertamanya kepada umat manusia adalah di bidang mekanika . Aristoteles dari Yunani mengajarkan dan telah menjadi pengetahuan ilmiah cukup lama, yaitu Bahwa benda yang lebih berat akan jatuh cepat ketibang benda yang lebih ringan.  Tetapi Galileo memutuskan bahwa pendapat Aristoteles tersebut salah, hal ini ia dapatkan setelah melakukan percobaan-percobaan. Yang benar, bahwa benda yang berat atau ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas kecepatan mereka berkurang akibat gesekan udara.

namun, teori yang cukup menggemparkan dunia saat di masa lalu ialah di bidang astronomi yang berpendapat bahwa Matahati adalah pusat dari tata surya, dan bumi hanya bergerak mengitarinya. hal ini sangat bertolak belakang dengan pendapat terdahulu yang mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya.

7. Kong Hu Cu

Kong Hu Cu lahir di kota kecil Lu, kini masuk wilayah provinsi Shantung di timur laut daratan Cina. Kong Hu Cu hidup pada zaman dinasti Chou. dia adalah seorang filsuf besar Cina pada zamannya. dialah yang memadukan alam pikiran dan kepercayaan orang-orang Cina yang paling mendasar. Filosofinya tidak hanya mengandung kaidah penuntun/pesan moral seseorang untuk hidup yang benar. Tetapi juga konsep pemikiran penyelenggaraan kepemerintahan juga. Ajaran Kong Hu Cu kemudian menyerap dan menyatu menjadi budaya Cina, yang kemudian diamalkan di seluruh dunia, karena orang cina sebagai perantau ada dimana mana.

Munculnya dinasto Ch'in tahun 221 SM dengan kaisar pertamanya Shih Huangg Ti yang konon amat bermusuhan dengan Kong Hu Cu. Kaisar Shih Huang Ti bertekad membabat ajarn Kong Hu Cu. tetapi pada dinasti berikunya, yaitu Dinasti Han pada tahun 206 SM s/d 220 SM, justru ajaran Kong Hu Cu (confucianisme) menjadi filsafat resmi negara Cina.

Demikianlah 7 Tokoh yang telah mengubah dunia, dan masih banyak tokoh-tokoh yang belum disebutkan.
Sumber: http://gammarizky.blogspot.com/2012/08/7-tokoh-pengubah-dunia.html

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Copyright 2012 dibacabacalagi: 7 Tokoh Pengubah Dunia Template by Bamz | Publish on Bamz Templates